Tuesday 14 May 2013

Tamasya ke peternakan kambing,,

Sabtu, 11 May 2013,, as usual ada kopdar mingguan para ortu yang anaknya HS or interest HS di Pekanbaru,, kali ini janjiannya di rumah mba ophie daerah alam mayang.

Pagi-pagi saya dan anak-anak sudah berangkat menuju alam mayang rumah mba ophie, jam setengah 10 tepat kami sampai dengan diantar suami tercintah, dan langsung menuju peternakan kambing disana, saya menekankan sama anak-anak (Faris aja sih yang ngerti) karena Faris doyan banget sama susu kambing, jadi harus tau bagaimana memerah susunya, memandikannya, dsb. Baginda Rasulullah juga mulai usia 12 tahun kan menggembala kambing, jadi tetap perjalanan ini dalam rangka meneladani atau minimal tau deh bagaimana itu kambing, yang susunya diminum Rasul, dagingnya juga fave-nya beliau.

Sampai disana, pertama-tama ya ngasih makan daun buat kambing-kambing itu, lucu banget deh ada yang takut-takut ada yang sangat berani sampai masuk ke kandang kambing juga berani hehe, kalo Faris sih masih malu-malu mau,,mau kasi makan tapi tetep aja mundur-mundur, kambingnya juga kesel kali ya, ini niat kasi makan ga sih kok makin lama makin mundur, hehe. Setelah kasi makan kambing, kami juga ngeliat kambing diperah ya kurang lebih deh ama memerah asi sendiri dulu (hwwe disamain ama kambing) yang keluar juga ssedikit-sedikit, baunya juga amis-amis gimanaaa gitu, kemudian ke kandang sebelah buat nengok kambing yang dimandikan, pake sabun lifebouy juga kok kayak kita, manusia, tapi tetep bau ya karena mandinya 1x per 2 minggu,, kata peternaknya kalo dimandikan terlalu sering gak baik untuk pertumbuhannya.

Ngakunya nih,saya dan anak-anak suka banget susu kambing, iya karena yang biasa kami minum bubuk sachet yang sudan enrichment, alias diperkaya, alias sudah masuk berbagai macam zat-zat vitamin sintetis tambahan ke dalamnya, well, ampe rebutan n nambah-nambah lho, bagaimana reaksi Faris waktu minum susu kambing original yang langsung ngucur dari perahan kambing itu??

Matanya terbelalak, lidahnya melet-melet, dia sampai teriak-teriak "umiii susu apa ini kok begini" sampai rumahnya mba ophie kena ludahan susu kambing dari mulutnya,deu maaf ya mba, yaks memang rasanya beda banget yang original ama yang bubuk, saya pun minum susu kambing sambil nutup hidung hehe,,tapi khasiatnya banyak banget loo susu kambing ini..nih, copas dari berbagai arttikel ya salah satunya http://susukambingmoorniati.wordpress.com


Selain sebagai bahan pangan, Nabi Muhammad SAW memanfaatkan susu karena berkhasiat obat. Menurut Jalaluddin Abdurrahman As-Sayuthiy dalam bukunya As-suyuti’s Medicine Of The Prophet (pengobatan cara Nabi) Susu Kambing Ettawa menghasilkan Chyme yang berfungsi untuk membersihkan sel yang kurang bagus dalam tubuh, meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, meningkatkan gairah sexual, meredakan depresi, merangsang otak, meningkatkan daya ingat, menghaluskan kulit dan tidak membuat gemuk sehingga cocok untuk diet (hal dan tidak perlu dihindari adalah meminum susu saat sedang demam atau sakit kepala)
Qur’an Surat An-Nahl Ayat 66
“Dan sesungguhnya pada binatang itu benar – benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberi minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa susu yang bersih antara kotoran dan darah , yang mudah ditelan bagi orang – orang yang meminumnya”
(Ket:  Al-An’aam = Binatang yang dimaksud dalam surat ini adalah hewan yang bisa dijadikan Qurban yakni Unta, Sapi atau Kambing)
Lebih lanjut Nabi Muhammad SAW menyarankan untuk meminum susu segar. Beliau memilih susu segar seraya mengatakan : “Dalam susu yang segar ini terdapat untung baik dan keamanan”. Hadist in diriwayatkan oleh Al-Bukhari. Susu yang dimaksud diatas bisa dari susu unta, sapi atau kambing. Akan tetapi yang lebih banyak dipelihara pada saat itu adalah susu kambing.
SEJARAH DAN SEKARANG
Menurut sejarah, Cleopatra dan Mahatma Gandhi mengkonsumsi susu kambing sebanyak dua gelas setiap harinya, pagi hari dan menjelang tidur. Kebiasaan tersebut membuat keduanya mempunyai kulit yang halus, sehat, cerdas dan stamina yang prima.
Sekarang banyak penderita penyakit yang membuktikan khasiat susu kambing. Keluhan – keluhan yang dialami selama sakit mulai hilang dan kondisi tubuhnya membaik.
Karena telah mengetahui manfaat dan kandungan dalam susu kambing, maka pasien – pasien yag dirawat dirumah sakit di Amerika, Jepang, India dan Australia diberi susu kambing untuk meminumnya.
hihi,,tapi anak-anak ga trauma kok, sampai rumah tetap minta susu kambing bubuk fave-nya mereka,,

foto-fotonya mbajak dari fbnya mba irhamini ami dan afra nih,,maklumlah kamera amatiran,, belom ada yg canggih dslr macam afra hehe






No comments:

Post a Comment